Selasa, 29 Desember 2009

SENSITIFITAS PEMBELAJARAN (2)

Sedangkan untuk Anak ketelitian tinggi frekuensi belajar relatif lebih sedikit tetapi memerlukan waktu yang cukup panjang. Misalkan empat bidang datar seperti yang di ujikan pada anak respon tinggi, kita minta anak yang mempunyai ketelitian tinggi untuk memperhatikan ke empat bidang datar tersebut, memang waktu yang dibutuhkannya cukup lama dibanding anak respon tinggi. Namun bila kita tanya bentuk, warna, kombinasi warna dan lain sebagainya yang bertautan dengan bidang datar tersebut, anak ketelitian tinggi bisa lebih banyak tahu. Untuk anak ketelitian tinggi, latihlah anak dengan cara menggunakan batas waktu, misalnya mengerjakan PR harus selesai dalam waktu 15 menit, memilih baju untuk jalan-jalan harus selesai 5 menit dan lain sebagainya.
Kita tidak dapat membandingkan mana yang lebih baik respon tinggi atau ketelitian tinggi, yang paling penting buat kita bagaimana kita memperlakukan anak kita sesuai dengan sensitifitas pembelajarannya, sehingga anak kita dapat berkembang dan mempunyai kesempatan belajar yang seluas-luasnya. Respon tinggi atau ketelitian tinggi merupakan anugrah dari Yang Maka Kuasa, pasti ada sesuatu yang dahsyat dibalik itu semua.

3 komentar:

sda mengatakan...

respon tinggi atau ketelitian tinggi, apabia dilatih secara intensif apakah bisa ditingkatkan kualitasnya?

narti mengatakan...

artikel bagus buat orang tua nih...
makasih sudah berbagi.

Agus Siswanto mengatakan...

respon tinggi atau ketelitian tinggi merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa, didapat secara genetis, yang paling penting bagi kita adalah memberikan treatment (perlakuan) yang sesuai dangan kondisi anak kita, sehingga anak mendapatkan kesempatan belajar yang seluas-luasnya.